Penyebab Kencing Sakit: Belum Tentu Infeksi Saluran Kemih!

penyebab kencing sakit

Id Sakti – Selain infeksi aliran kemih, penyebab kencing sakit bisa juga disebabkan karena permasalahan di organ-organ lain, seperti kandungan kemih dan prostat. Bila alami sakit saat buang air kecil, Sebaiknya anda memeriksa diri ke dokter pemicunya agar segera dijumpai dan diatasi saat sebelum semakin bertambah kronis.

Kencing sakit atau istilah medisnya dysuria dapat disebabkan karena berbagai macam keadaan. Rasa sakitnya dapat datang dari kandungan kemih, uretra, atau perineum. Keluh kesah ngilu saat buang air kecil sebagai tanda-tanda umum dari beberapa penyakit. Type sakit yang ada umumnya berbentuk ngilu, kesan panas atau terbakar, dan tidak nyaman.

Tanda-tanda kencing sakit dapat berlainan di antara wanita dan pria. Tapi pasien tetap rasakan ngilu, kesan panas atau menusuk, dan terkadang gatal. Merasa sakit dapat muncul saat Anda mulai buang air kecil atau selanjutnya. Jika sakit dirasa saat mulai buang air kecil, keadaan ini umumnya sebagai tanda-tanda infeksi aliran kemih (ISK). Sementara merasa sakit yang muncul sesudah buang air kecil dapat memberikan indikasi ada permasalahan pada kandungan kemih atau kelenjar prostat.

Untuk banyak pasien lelaki, merasa sakit sering terus-terusan berasa di penis saat mulai buang air kecil sampai selanjutnya.Sedang tanda-tanda kencing sakit pada wanita dapat dirasa pada bagian luar atau dalam vagina. Bila ngilu berasa pada bagian luar tempat vagina, tanda-tanda ini peluang karena iritasi di kulit yang peka. Sedang sakit yang dirasa pada bagian dalam vagina atau di aliran kencing, dapat disebabkan karena infeksi aliran kemih. Banyak keadaan klinis yang dapat diikuti dengan tanda-tanda kencing sakit. Apa saja macamnya?

penyebab kencing sakit

1. Infeksi saluran kemih

Kencing sakit ialah tanda-tanda umum dari infeksi aliran kencing. Infeksi ini disebabkan karena bakteri atau infeksi pada aliran kencing (uretra). Mekanisme perkemiihan manusia mempunyai beberapa organ, seperti uretra, kandungan kemih, ureter, dan ginjal. Ureter ialah organ dalam yang menyalurkan air seni atau urine dari ginjal ke kandungan kemih.

Infeksi pada organ-organ itu dapat memunculkan kencing sakit. Penyakit infeksi aliran kemih semakin banyak dirasakan wanita daripada pria. Apa argumennya?Uretra pada wanita lebih pendek, hingga bakteri lebih gampang masuk ke kandungan kemih. Wanita hamil dan wanita yang telah menopause beresiko semakin tinggi untuk terserang infeksi aliran kemih.

2. Prostatitis

Pada pria, pemicu lain kencing sakit ialah infeksi pada kelenjar prostat atau prostatitis. Tanda-tandanya serupa infeksi aliran kencing yakni kesan panas dan ngilu saat berkemih.

3. Penyakit menular seksual

Penyakit menyebar seksual dapat memunculkan tanda-tanda kencing sakit. Misalnya, herpes kelamin, gonore, dan klamidia.Infeksi-infeksi itu biasanya disebarkan lewat sikap seksual beresiko. Misalkan, kerap berubah-ubah pasangan dan tidak memakai kondom saat berhubungan seksual. Untuk Anda yang terhitung kelompok dengan sikap beresiko, Sebaiknya anda memeriksa diri ke dokter untuk mengetahui infeksi menyebar seksual jika alami keluh kesah sakit saat berkemih.

4. Interstitial cystitis

Pemicu yang lain dari kencing sakit ialah interstitial cystitis atau infeksi pada permukaan kandungan kemih. Keadaan ini dkenal bernama painful bladder syndrome.Tanda-tanda tambahan dari interstitial cystitis mencakup sakit di wilayah panggul dan kandungan kemih. Hingga saat ini, pemicu infeksi pada kandungan kemih ini belumlah diketahui dengan cara tepat.

5. Batu ginjal

Ada batu ginjal dapat jadi pemicu kencing sakit. Ngilu dapat berasa sangat kronis saat batu itu turut dikeluarkan bersama urine lewat uretra.Batu ginjal ada dan tercipta dari endapan dan pengkristalan mineral-mineral dalam urine dalam ginjal.

6. Produk pembersih kelamin

Kencing sakit terkadang bukan disebabkan karena infeksi atau penyakit lain. Tetapi tanda-tanda ini dapat ada karena pemakaian beberapa produk pencuci tempat kelamin.Sabun dan pewangi tempat kewanitaan dapat memunculkan iritasi di kulit vagina yang peka. Mengakibatkan, Anda dapat alami kencing sakit.

7. Kista ovarium

Kista ovarium menjadi pemicu kencing sakit, karena kehadirannya bisa memberinya penekanan pada kandungan kemih dan pada akhirnya mengakibatkan kencing sakit.Selainnya kencing sakit, kista ovarium bisa mengakibatkan rasa ngilu saat menstruasi, pendarahan vagina yang banyak, sampai ngilu payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *