Kiat Mengantisipasi Pembengkakan Biaya Akibat Kecelakaan Mobil

asuransi kecelakaan diri

Id Sakti – Selain asuransi kendaraan, asuransi kecelakaan diri menjadi salah satu produk yang dipilih untuk mengantisipasi berbagai risiko selama berkendara. Apalagi kecelakaan yang dampaknya parah akan menelan biaya perbaikan dan perawatan yang tak sedikit. Tanpa mengantungi asuransi atau dana darurat lain, Anda pasti kesulitan menebusnya.

Untuk menekan pengeluaran membengkak akibat kecelakaan, berikut sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan:

asuransi kecelakaan diri

Sisihkan uang untuk dana darurat

Jangan menggantungkan proteksi pada asuransi saja. Anda juga harus menyisihkan uang untuk dana darurat. Biaya yang Anda kumpulkan pada simpanan tersebut bisa dimanfaatkan untuk ganti suku cadang atau perawatan di bengkel. Keberadaan dana darurat juga sangat membantu kalau Anda mengambil asuransi yang tak menanggung semua risiko akibat kecelakaan.

Pelajari layanan yang ditawarkan asuransi

Asuransi kendaraan dan kecelakaan diri memang sama-sama mampu memberikan perlindungan untuk Anda yang memiliki kendaraan pribadi. Akan tetapi, ada sejumlah perbedaan layanan yang harus dipelajari supaya pengajuan klaim Anda diterima. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan biaya untuk risiko yang tak ditanggung asuransi.

Menghindari lokasi kecelakaan

Apakah kecelakaan terjadi di jalan yang hendak Anda lewati? Entah karena tabrakan atau mobil mendadak terbakar, kecelakaan lalu lintas pasti menyebabkan kemacetan. Alih-alih mendekat, sebaiknya cari rute lain untuk menjauhi lokasi kecelakaan. Pasalnya tak menutup kemungkinan masih ada risiko mengintai yang dapat membahayakan Anda.

Kumpulkan dan simpan bukti kecelakaan

Jika posisi Anda adalah korban kecelakaan, pastikan untuk kumpulkan dan simpan bukti yang didapatkan di lokasi kejadian. Dokumentasi tersebut dapat Anda gunakan untuk melengkapi syarat pengajuan klaim hingga mengurus laporan tertentu ke pihak berwenang. Kemudian, jangan coba-coba membuat perjanjian atau kesepakatan dengan pengendara tanpa sepengetahuan pihak asuransi.

Segera hubungi pihak berwajib

Segera hubungi pihak berwajib seperti polisi saat Anda terlibat kecelakaan, terutama kalau Anda memerlukan proses mediasi. Aparat keamanan membantu Anda dalam menyusun laporan yang akan membantu pengajuan klaim ke perusahaan asuransi. Pastikan juga Anda memberikan informasi valid agar tak menyusahkan pencairan klaim asuransi tersebut.

Siapkan perlindungan untuk keluarga

Perlindungan sebaiknya Anda berikan juga kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, jaga-jaga kalau seandainya Anda tak selamat dari kecelakaan lalu lintas. Santunan yang nantinya diberikan dari klaim asuransi akan membantu keluarga yang ditinggalkan secara finansial. Di sisi lain, Anda pun harus tetap waspada selama mengendarai mobil untuk mencegah kecelakaan mematikan.

Untuk proteksi maksimal, pilihlah perusahaan asuransi yang telah berpengalaman menangani risiko kecelakaan berkendara. Sesuaikan juga layanan-layanan yang diberikan, apakah untuk kepentingan pribadi atau keluarga secara menyeluruh.

Anda pun bisa mengonsultasikan asuransi yang sebaiknya diambil dengan perusahaan bersangkutan untuk mencegah kesalahan yang bisa menimbulkan kerugian.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.