Cara Meminta Maaf kepada Orang Tua dengan Baik dan Tulus

cara meminta maaf kepada orang tua

Id Sakti – Ketika Anda lakukan kekeliruan pada orang-tua, seharusnya cepatlah mohon maaf. Baik kekeliruan itu menyengaja atau tidak tersengaja, ke-2 nya masih tetap dapat sakiti hati mereka. Sayang, tidak seluruhnya orang tahu langkah mohon maaf ke orang-tua dengan tepat. Sampaikan keinginan maaf memanglah bukan hal yang gampang, tetapi melakukan dapat menjadi salah satunya wujud bakti Anda sebagai anak ke orang-tua. Lalu, bagaimana cara meminta maaf kepada orang tua?

Biarkan konflik tanpa penuntasan cuman akan mengakibatkan jalinan Anda dengan orang-tua jadi makin jelek. Sebagai jalan keluarnya, berikut langkah mohon maaf ke orang-tua yang dapat Anda kerjakan.

cara meminta maaf kepada orang tua

1. Minta maaf dengan santun dan tulus

Langkah mohon maaf ke orang-tua harus dilaksanakan dengan sopan dan ikhlas. Pakai suara berbicara yang halus, bicara yang bagus, dan menjaga emosi supaya tidak makin sakiti hati mereka. Berikan keinginan maaf Anda dengan ikhlas dari lubuk hati yang paling dalam. Memakai suara berbicara yang tinggi cuman akan memperkeruhkan situasi. Disamping itu, jalinan Anda dan orang-tua bisa juga makin renggang.

2. Akui kesalahan

Sebagai anak, Anda kemungkinan mempunyai ego dan gengsi dalam mengaku kekeliruan. Bila ingin meminta maaf ke orang-tua, lupakan dahulu hal itu. Dengan berbesar hati, mengakuilah kekeliruan yang sudah Anda bikin. Ini akan membuat orang-tua berasa luluh dengan ketulusan yang Anda punyai.

3. Jangan menyalahkan orang lain

Anda jangan memberikan kekeliruan yang dibuat ke seseorang. Anda harus bertanggungjawab pada kekeliruan yang Anda bikin. Ini akan menunjukkan pada orang-tua jika Anda mempunyai tanggung-jawab yang besar.

4. Ungkapkan rasa penyesalan

Cara mohon maaf ke orang-tua selanjutnya ialah mengutarakan penyesalan atas kekeliruan yang sudah Anda bikin, apa lagi bila sampai sakiti hati orang-tua. Coba benahi kondisi sebisa mungkin. Janganlah sampai jalinan Anda dengan orang-tua justru makin jelek karena Anda tidak menyesal.

5. Jujur dengan apa yang diucapkan

Sebagai anak, Anda harus juga berbicara jujur supaya permasalahan tidak makin lebih buruk. Jujurlah pada kekeliruan yang sempat Anda kerjakan dan cepatlah mohon maaf.Dengan demikian, orang-tua bisa coba pahami hati Anda sebagai anak. Sampaikan rasa sayang dan cinta yang Anda punyai untuk orang-tua hingga mereka berasa disegani.

6. Mendengarkan ketika orangtua berbicara

Ketika orang-tua bicara dan memberi tahu, seharusnya Anda dengar secara baik. Diam dan tidak boleh menentang. Orang-tua semakin lebih gampang maafkan bila Anda dengarkan dan pahaminya. Jika Anda menentang, ini tentu saja akan berbuntut pada pembicaraan hingga permasalahan yang ada tidak juga selesai. Ini pasti bukan langkah meminta maaf ke orang-tua yang bagus.

7. Pahami perasaan orangtua

Cara mohon maaf ke orang-tua yang bisa Anda aplikasikan setelah itu ketahuilah hati orang-tua secara baik. Ini akan membuat Anda mengetahui jika kekeliruan yang sudah dilaksanakan betul-betul salah. Disamping itu, hati orang-tua bisa juga lebih baik bila Anda dapat pahami kekeliruan mereka.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *